Mari belajar berwirausaha

semester 1

sumber buku: MENTARI (Meraih Prestasi Untuk Mandiri)

Pengertian Wirausahawan

1. Pengertian tujuan dan ruang lingkup kewirausahaan

Istilah kewirausahawan (enterpreneurship) berasal dari bahasa prancis yang secara harfiah diterjemahkan sebagai perantara.

Sedangkan kewirausahaan secara luas diidentifikasikan sebagai proses penciptaan sesuatu yang berbeda nialainyadengan menggunakan usaha dan waktu yang diperlukan, memikul risiko finansial,psikologi dan sosial yang menertainya serta menerima balas jasa keuangan dan kepusasan pribadi. Wirausah atau kewirausahaan adalah orang yang mengubah nilai sumber daya, tenaga kerja, bahan dan faktor produksi lainnya menjadi lebih besar dari pada sebelumnya dan juga orang yang melakukan perubahan inovasi dan cara-cara baru.

Tujuan utama mereka adalah pertumbuhan dan perkiraan organisasi-organisasi dengan nilai kerja yang mereka lakukan untuk mendapatkan arti dan kebanggan pada usaha yang mereka lakukan.

Agar lebih jelas makai diuraikan beberapa pengertian kewirausahaan dan wirausaha.

a. Kewirausahaan adalah sikap mental dan jiwa yang selalu aktif bersuaha meningkatkan hasil kerjanya dalam arti meningkatkan hasil kerjanya dalam ariti meningkatkan penghasilan.

b. Kewirausahaan adalah suatu prinsip seseorang guna mengejar peluang. Peluang memenuhi kebutuhan dan keinginana melalui inovasi, tanpa memperhatikan sumber daya yang mereka kendalikan (Robin, 1996)

c. Kewirausahaan adalah proses dinamis untuk menciptakan tambahan kemakmuran.

d. kewirausahaan adalah proses menciptakan sesuatu yang lain dengan menggunakan waktu dan kegiatan disertai dengan modal jasa dan risiko, serta menerima balas jasa karyawan dan kebebasan pribadi.

e. dalam lampiran instruksi Presiden No. 4 Tahun 1995, tentang Gerakan Nasional memasyarakatkan dan membuadayakan Kewirausahaan (GNMMK), Kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya cara kerja, teknologi dan produk baru dengan menigkatkan efesiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan keuntungan yang lebih besar.

sedangkan dimaksud dengan wirausaha adalah sebagai berikut:

a. wirausaha adalah mereka yang berhasil mendapatkan perbaikan pribadi, lingkungan, masyarakat, dan bangsanya.

b. wirausaha adalah seorang pakar tentang dirinya sendiri.

c. wirausaha adalah orang yang mendobrak sistem ekonomiyang ada dengan memperkenalkan barang dan jasa yang baru dengan menciptakan bentuk organisasi baru atau mengelola bahan baru.

d. wirausaha adalah orang yang berani menamakan diri untuk menjadi pelayan bagi orang lain (Gede Prama, SWP.09/XI/1996)

e. pandangan menurut businessman, wirausaha adalah ancaman, perang baru atau juga bisa seorang partner, pemasok, konsumen atau seseorang yang bisa diajak kerja sama.

f. pandangan menurut seorang pemodal, wirausaha adalah seseorang yang menciptakan kesejahteraan untuk orang lain yang menemukan cara-cara baru untuk menggunakan resources, mengurangi pemborosan dan membuka lapangan kerja yang disenangi oleh masyarakat.

g. pandangan menurut seorang ekonom, wirausaha adalah seseorang atau sekelompok orang yang mengorganisir faktor-faktor produksi, alam, tenaga, modal, dan skill untuk tujuan berproduksi.

h. pandangan menurut seorang psikolog, wirausaha adalah seseorang yang memiliki dorongan kekuatan dari dalam untuk memperolah suatu tujuan, suka mengadakan eksperimen atau untuk menampilkan kebebasan dirinya diluar kekuasaan orang lain.

Dari keterangan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa Wirausaha adalah orang-orang yang memiliki kemampuan melihat dan menilai kesempatan-kesempatan bisnis, mengumpulakan sumber daya yang dibutuhkan guna mengambil keuntungan dan tindakan yang tepat guna dalam memastikan kesuksesan.

Dari pengamatan perilaku wirausaha maka dapat dikemukakan tiga tipe wirausaha, yaitu:

  1. wirausaha yang memiliki inisiatif
  2. wirausaha yang mengorganisir mekanis sosial ekonomi utuk menghasilkan sesuatu
  3. yang menerima resiko atau kegagalan

Tujuan kewirausahaan adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan jumlah para wirausahawan yang berkualitas
  2. mewujudkan kemampuan dan kemantapan para wirausaha untuk menghasilkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat
  3. membudayakan semangat, sikap, perilaku, dan kemampuan kewirausahaan dikalangan pelajar dan masyarakat yang mampu, handal, dan unggul
  4. menumbhkembangkan keselarasan dan mencintai kewirausahaan yang tangguh dan kuat terhadap para siswa dan masyarakat

Ruang lingkup kewirausahaan sangat luas. secara umum, ruang lingkup kewirausahaan ialah bergerak dalam bisnis, jika diuraikan secara rinci ruang lingkupnya bergerak dibidang:

  • lapangan agraris
  • lapanganperikanan
  • lapangan peternakan
  • lapanganperindustrian
  • lapangan pertambangan dan energi
  • lapangan perdagangan
  • lapangan pemberian jasa

fungsi wirausaha:

  1. Mencari dan menciptakan berbagai cara baru, terobosan baru dalam upaya untuk mendapatkan sumber-sumber daya, serta mengolahnya menjadi hasil produk yang menarik dan tepat serta memasarkan pada waktu yang tepat pula sehingga memuaskan konsumen sekaligus memperoleh keuntungan.
  2. membuat keputusan-keputusan penting dan mengambil risiko tentang tujuan dan sasaran perusahaan, bidang usaha dan pasar yang akan dilayani, skala usaha dan permodalana, layanan dan memotivasi serta mengendalikannya.

syarat-syarat menjadi wirausaha antara lain:

  • modal yang memadai untuk melaksanakan usaha, meskipun tidak terlalu besar
  • mau bekerja keras, yaitu mampu dan mau untuk bekerja lebih dari 10 jam per hari, menangani sendiri seua pekerjaan yang berkaitan dengan usaha tersebut
  • mampu memperkirakan, menghitung dan membandingkan harga pokok, harga jual dan laba rugi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: